CURHAT Menebar Manfaat

Ceramah Lima Menit: Menjadi Keluarga Alloh



Ibu/ Bapak yang dirahmati Alloh SWT, kalo saya mengatakan bahwa Alloh punya keluarga di bumi ini percaya atau tidak bu/Pak?
Sekarang kalo Nabi Muhammad SAW. mengatakan bahwa Alloh punya keluarga di bumi ini percaya atau tidak bu/Pak?
Nah… pada kali ini saya akan membacakan satu hadist.  Yang menyatakan bahwa Alloh SWT.  Punya keluarga yang terdiri dari manusia….. karena Alloh mengatakan keluargaNya maka pastilah orang-orang tersebut adalah istimewa bagi Alloh. Siapakah orang-orang istimewa ini?...... dialah “Ahlu  Al- Quran”.
Hadist ini diriwayatkan oleh Ahmad, An-Nsai, Ibnu Majah, Ad – Darimi, dan Al Hakim dari Annas R.A, yang artinya- : Dari Annas Radhiyallahu Anhu Rasulullah Shalallohu Alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Alloh Subhanahu wa Ta’ala itu mempunyai keluarga yang terdiri manusia,” lalu shahabat bertanya, “Siapakah itu ya Rasulullah?”. Beliau menjawab:”yaitu Ahlu-Al-Quran. Mereka adalah keluarga Alloh dan orang-orang istimewa bagi Alloh”. (HR. Ahmad, An-Nsai, Ibnu Majah, Ad – Darimi, dan Al Hakim dari Annas R.A).
Siapakh Ahlul-Quran itu?
Ahl al-Qur’an adalah orang-orang yang mengemban amanat terkait dengan al-Qur’an. Membacanya, memahami maknanya, merenunginya (melakukan tadabbur terhadap ayat-ayatnya), menghafalnya, mengajarkannya, dan mengamalkannya, semua itu termasuk perbuatan yang dapat menjadikan seseorang sebagai Ahl al-Qur’an
Ibu/Bapak salah satu…. Anggota keluarga Alloh adalah para penghafal Al-Quran …. ini kelompok pilihan-NYA. Ini merupakan bentuk pemuliaan tertinggi yang bisa dicapai oleh manusia terhadap Rabbnya. Karena status istimewa tersebutlah maka penghafal Al-Quran mendapatkan keutamaan-keutamaan baik di dunia maupun diakhirat kelak, diantaranya ; Paling berhak menjadi Imam dalam shalat, paling berhak menjadi pemimpin dalam setiap urusan, paling berhak dikuburkan lebih dahulu, dan lain sebagainya.

Sulitkah/ atau mudahkan menghafal Al-Quran itu?
 
Alloh SWT. telah menyatakan bahwa al-Quran itu telah dibuat mudah…. Sebagaimana firman Alloh SWT, dalam surat  54:17: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? “
Bagaimana caranya?....yaitu  learning by listening
Salah satu caranya adalah banyak mendengarkan … bacaan Al-Quran… KEMUDIAN… mengikuti bacaan Alquran yang kita dengarkan….ulangi dengarkan, ikuti bacaannya … sampai hafal.
Inilah cara malaikat Jibril, mengajari nabi Muhammad SAW, sebagaimana Alloh berfirman dalam surat (al-qiyamah 75:18); “Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. “
Akhirnya marilah… kita sama-sama menjadi keluarga Alloh lewat cinta Al-Quran, mempelajari dan menghafalnya. Mudah-mudahan kita bisa menjadi keluarga Alloh. Amiin.
Tag : Catatan
1 Komentar untuk "Ceramah Lima Menit: Menjadi Keluarga Alloh"

sungguh artikel yang isinya oenuh dengan oencerahan yang baik dan semoga dengan membaca artikel ini kita bisa menjadi hamba yang lebih baik di mata allah .
AMIN ;) thank's

Back To Top