CURHAT Menebar Manfaat

Terapi dengan SEFT sangat efektif sembuhkan Phobia

.

Subhanalloh ….Alloh SWT yang Maha Ber-Ilmu telah mencurahkan kepada Bapak Ahmad Faiz Zainudin ilmu SEFT (Spiritual Emotion Freedom Technique) yang menurutku sangat dahsyat dan banyak orang telah mengambil manfaat darinya. Begitu juga aku, di penghujunng tahun 2009 ini, ilmuku bertambah lagi. Aku dengan tidak terduga tiba di: Blognya SEFT (klik di sini mengetahui lebih dalam)
Pencarianku ini diawali oleh keinginan aku untuk menyembuhkan phobiaku sendiri. Selama ini yang aku tahu, hypnoterapi adalah suatu cara yang baik untuk sembuhkan phobia. Tetapi kalau terapi ini aku pakai untuk self-healing tentunya tidak mudah. Aku harus melakukan self-hypnosis untuk memasuki kondisi trance. SEFT menurut aku sangat mudah dan juga sangat tepat jika ingin melakukan self-healing. Maka dengan sangat serius aku mempelajari teknik ini.
SEFT adalah pengembangan dari EFT yang intinya adalah membebaskan atau menghilangkan energi pengganggu dalam sistem energi di tubuh seseorang. Energi pengganggu ini berupa emosi-emosi negatif saat seseorang mengalami sedih, takut, malu, jijik, marah, geli dsb.Emosi-emosi yang diluar batas kewajaran menyebabkan seseorang trauma atau phobia. Pada awalnya ilmu ini adalah dari pengobatan akupunktur sehingga diketahuilah mengenai titik-titik akupunktur dan Meridian. Berikut menurut wikipedia penjelasannya: ” Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.”

Mula-mula aku sempat bingung dengan beberapa istilah berikut: Tapping, Satu putaran EFT, kalimat SET-UP, dan kalimat PENGINGAT . Dari beberapa e-book yang aku download membuat aku lebih tahu sekarang bahwa yang disebut Tapping adalah mengetuk dengan jari telunjuk dan tengah dengan kuat (tetapi tidak membuat luka atau sakit) di titik titik energi pada tubuh kita. Satu putaran itu EFT adalah : set-up, tapping berurutan, prosedur 9 gamut, dan tapping berurutan.
Kalimat SET-UP adalah kalimat yang spesifik dibuat untuk satu masalah tertentu yang tujuannya adalah untuk memastikan sistem energi di tubuh kita dengan benar diarahkan sebelum melakukan menghilangkan gangguannya.
Kalimat PENGINGAT adalah kalimat pendek yang dibuat agar kita tetap ”tune-in” pada masalah yang akan dihilangkan. Untuk ”tune-in” itu adalah dengan mengingat masalah. Tentunya tidak mudah selama melakukan proses EFT secara sadar terus mengingat masalah. Oleh karena itu dibuatlah kalimat PENGINGAT.
Titik energi adalah tempat-tempat tertentu dalam tubuh kita dalam jalur Meridian. Titik titik tersebut adalah: EB, SE, UE, UN, UL, CB, SS, dan pada tangan : TN, IF, MF, GP, LF, KC.




















Sekarang aku juga tahu langkah-langkah dasar EFT adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi masalah dan membuat kalimat SET-UP dan kalimat PENGINGAT.
2. Bayangkan (kalau memungkinkan hadirkan) objek masalah. Ukur tingkat intensistasnya (0-10; 0 = tidak ada masalah, 10 = masalah sangat kuat/ maksimum)
3. SET-UP : Ucapkan 3x kalimat SET-UP. Contoh : “Meskipun saya memiliki …………….., saya menerima diri saya dengan ikhlas dan sepenuh hati saya”. (isi titik-titik dengan masalah kita) sambil terus-menerus menggosok titik SS atau KC
4. Tapping-berurutan: Lakukan ”tap” kira-kira 7x di setiap titik energi sambil mengulangi mengucapan kalimat PENGIGAT pada titk-titik sebagai berikut: EB, SE, UE, UN, UL, CB, UA, TN, IF, MF, LF, dan KC.
5. Prodedur 9 Gamut: Terus-menerus melakukan ”tap” pada titik gamut (GP) sambil melakukan 9 aktivitas sbb:
(a) Tutup mata
(b) Buka mata
(c) Mata Menoleh ke kanan
(d) Mata Menoleh ke kiri
(e) Putar bola mata searah jarum jam
(f) Putar bola mata kebalikan arah jarum jam
(g) Senandungkan lagu apa saja selama 2 detik
(h) Menghitung dari 1 sampai 5
(i) Senandungkan lagi lagu selama 2 detik

6. Tapping-berurutan: Lakukan ”tap” lagi kira-kira 7x di setiap titik energi sambil mengulangi mebgucapan kalimat PENGIGAT pada titk-titik sebagai berikut: EB, SE, UE, UN, UL, CB, UA, TN, IF, MF, LF, dan KC.
7. Tarik napas yang dalam dan hembuskan perlahan-lahan sambil membayangkan masalah menghilang seiring hembusan napas.
8. Ukur intensitasnya
9. Ulangi langkah 3 – 8 jika perlu
10. Pastikan semua perasan telah hilang dan tingkat intensitas mencapai 0 (nol).

Kini tiba giliran latihan mencoba untuk menghilangkan phobia yang selama ini aku rasakan. Aku sungguh jijik dan geli bila bersentuhan dengan cicak. Mula-mula aku membuat kalimat SET-UP sebagai berikut :“Meskipun saya memiliki jijik dan geli pada cicak , saya menerima diri saya dengan ikhlas dan sepenuh hati saya”. Lalu aku buat kalimat PENGINGAT , ”Jijik dan geli pada cicak” Kemudian aku lakukan latihan dan aku rasanya cukup bagiku melakukan 3 putaran.
Sayangnya saat itu aku tidak menemukan cicak. Tapi beberapa hari kemudian temanku memberi bungkusan plastik yang ternyata isinya cicak. Mulanya aku agak ragu dan aku coba pegang cicak lewat plastiknya. Karena waktu itu aku masih di kendaraan tidak memungkinkan aku membuka plastiknya. Yang aku lakukan adalah menggosok-gosok titik SS sambil bernapas yang dalam sambil memegang cicak dalamplastik. Setelah aku sampai di kantor aku segera buka plastiknya dan langsung pegang langsung cicaknya. Alhamdulillah aku sekarang berani. Phobiaku pada cicak hilang. Terima kasih ya.. Alloh, Engkau telah sembuhkan aku. Terima kasih Bapak Ahmad Faiz dan www.eft-therapy.com yang telah menjadi jalan ilmu Alloh SWT.
Aku sekarang sudah bisa untuk menyembuhkan diriku dan akan aku coba mengajarkan untuk menjadi jalan bagi kesembuhan orang lain.Semoga aku bisa!. Amiin.

Technorati Profile
1 Komentar untuk "Terapi dengan SEFT sangat efektif sembuhkan Phobia"

Hari ini, tanggal 6 Mei 2009, aku bahagia bisa menolong teman yang ingin sembuh dari phobia pada kecoa. Dengan hanya 4 kali putaran eft aku membimbing temanku dan berhasil sembuh. Alhamdulillah.

Back To Top