Sabtu, 14 April 2012

Hari  Selasa besok tanggal 17 April 2012 aku ditunjuk menggantikan jadwal ceramah seseorang yang berhalangan. Ceramahnya sih hanya lima menit setelah sholat subuh …. Tapi mikirin tema apa yang menarik…. Itu yang lama…yah maklum aku masih pemula untuk ceramah di mesjid.
Alhamdulillah aku diberi kemudahan oleh Alloh SWT…. Secara “kebetulan” aku menemukan artikel menarik di Koran PR hari Kamis tanggal 12 APRIL 2012.  Judul Artikel nya Adalah “ Mengintip Otak Orang-orang yang Sedang Jatuh Cinta” yang ditulis oleh NIA KURNIANINGSIH, seorang Alumni Dept. Biologi ITB. Subhanalloh isinya ternyata mengenai kemampuan alat kedokteran yang namanya MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang bisa menggambarkan keadaan Otak manusia yang sedang jatuh Cinta itu berbeda dengan orang normal. Kenapa bisa begitu?.... Menurut para peneliti di Universitas Syracuse, New Yok, di  Amerika yang diketuai oleh Stephanie Ortigue  seorang asisten Profesor mengatakan bahwa hal ini karena di dalam otak orang yang sedang jatuh cinta terdapat zat kimia (neurotransmitter) itu jumlah berbeda.  Dengan alat itu pula dapat diketahui dibagian-bagian otak mana saja yang aktif saat orang sedang jatuh cinta…..Subhanalloh….Dengan mekanisme yang sama, saat depresi dan patah hati juga, otak akan memberikan penampakan berbeda dari otak yang normal kata beliau..Secara panjang lebar juga dalam artikel itu dibahas mengenai zat kimia apa saja yang muncul di dalam otak dan darah saat orang jatuh cinta, begitu pula  perasaan atau sensasi apa saja yang muncul dengan adanya zat-zat kimia tersebut..tapi sebenarnya bukan tentang jatuh cinta yang ingin dibicarakan disini……..
Ibu-ibu dan bapak-bapak yang dirahmati Allloh, sekarang kalau orang yang berbohong bagaimana? Apakah bisa diketahui bagian otak mana saja yang aktif saat orang berbohong?....Setelah dicari …ternyata ada yang sudah ada penelitian yang dilakukan oleh Prof. Keith L Moore  yang hasil penelitiannya  menunjukkan bahwa bagian otak yang aktif saat berbohong adalah……apa?... yaitu ubun-ubun.
Subhanalloh…yang membuat takjub kita semua adalah bahwa pengetahuan ini sudah disampaikan sejak lama…. 14 abad yang lalu…..Informasi ini sudah Alloh beritahukan kepada Nabi Muhammad SAW. Lewat sebuiah firman Alloh dalam surat Al-Alaq:15-16, yaitu:







Ibu-ibu/Bapak-bapak yang dirahmati Alloh satu lagi fakta ilmiah dalam Al-Quran terungkap bahwa bagian otak yang paling bertanggung jawab saat orang berbohong adalah ubun-ubun.

Hikmah yang bisa kita ambil dari hal di atas antar lain adalah ajakan kepada diri kita untuk menjadi orang yang jujur, karena ternyata tidak hanya di akhirat  kebohongan kita itu akan terungkap dan dibalas dengan neraka, tetapi sejak di dunia ini juga kebohongan itu bisa terungkap.
Wallohu ‘Alam.
Sumber lain:
http:fauzanahmad.wordpress.com

Reaksi:

1 komentar :

ade hilman mengatakan...

" Tidak Ada ISTILAH KEGAGALAN Dalam sebuah bisnis, Yang ada adalah ORANG YANG TIDAK BERSABAR DAN AKHIRNYA MEMILIH BERHENTI SEBELUM SUKSES "
Dibutuhkan anggota untuk bergabung dengan komisi minimal 50rb perhari
Cocok buat yang gemar bersocial media dan yang pengen punya penghasilan sendiri sambil fb.an
Langsung saja daftar di http://tunjuk.in/bisnisamanah