CURHAT Menebar Manfaat

Menghafal Al-Quran jadi mudah dan menyenangkan dengan metode Ritme Otak


Siapa bilang menghafal Al-Quran itu sulit dan capek?.... Tidak juga. Malah selama ini, yang aku rasakan menghafal Al-Quran itu menyenangkan. Bener…..jika Anda tahu caranya menghafal Al-Quran itu mudah dan menyenangkan... apalagi setelah satu surat sudah TUNTAS DIHAFAL  maka semakin ingin meneruskan untuk mengafal surat yang lain…..Memang dulu aku pernah mencoba menghafal Al-Quran, bukan main berat dan capek …..kemudian  ayat/surat yang sudah dihafal tidak bisa bertahan lama….Itu kan dulu…tetapi sekarang tidak tuh…. Anda mau tahu caranya? Ya itu pake metode Ritme Otak!!!....iya bagaimana caranya?..
Begini, yang pertama Anda perlu siapkan adalah mp3 player dengan ukuran memori yang cukup (2GB cukup).
Kedua Anda perlu mencari qori yang suaranya bagus, tartil dan usahakan yang bacaannya punya lagu yang berbeda untuk setiap surat. Mengapa harus yang berbeda….., kalo gitu seperti menghafal lagu donk? Wah…berarti harus bisa mengingat 114 lagu??? …Banyak bener??? ….Sanggup  gitu?..Tunggu dulu….justru disanalah kuncinya….semakin beragam lagunya  untuk setiap surat semakin ingat dan semakin kuat melekat di Otak….Itulah cara kerja otak kanan…..nanti Anda buktikan sendiri dech!!. Oh..ya Anda bisa search di Internet/google  nama-nama qori untuk bacaan murotal. Aku sendiri sih memilih qori  Misyari Rasyid Alafasy.  Terus kalo bisa anda mencari file-file yang per-ayat agar lebih mudah untuk mengulang-ulang. Kalo udah ketemu download tuh file-filenya ke mp3 player Anda.
Langkah ketiga….baru dech Anda bisa menghafal Al-Quran…..caranya…pilih satu surat yang paling mudah menurut Anda… atau yang paling menantang juga boleh.
Langkah ke empat…. Jalankan mp3 playernya….. dengarkan….ulangi dengarkan….ikuti bacaanya…seperti Anda mendengarkan lagu…..jangan takut kalo suara Anda belum bisa seperti qori itu….ikuti saja…….mula -mula Anda mengenal ayat-ayatnya….terus Anda bisa mengikuti bacaan qorinya….meskipun Anda belum hafal ayatnya….teruskan mendengarkan dan mengikuti… Anda nanti akan hafal bagian-bagian ayat entah itu awal ayat, atau tengah ayat…atau juga akhir ayat…Alhamdulillah…teruskan mengulang…dengarkan dan ikuti…..
Langkah ke lima….sambil mengikuti…coba anda baca sedikit mendahului bacaan qori…untuk menguji apakah Anda sudah hafal susunan ayat…. Dari satu ayat ke ayat berikutnya……Sebenarnya jika Anda bisa mengikuti bacaan qori dengan tepat..artinya tinggi-rendahnya suara qori , juga panjang-pendeknya bacaan seperti mengikuti lagu qori….. Anda secara otomatis akan menghafal susunan ayatnya.
Langkah ke enam….. Anda juga bisa membaca artinya….lihat di terjemahan Al-Quran…untuk bisa lebih tahu apa sih isi suratnya….berbicara tentang apa surat itu…. Dan Anda akan semakin lebih cepat hafal.Insya Alloh.
Kalo sudah hafal….baca dalam sholat Anda…terutama pada sholat Tahajud….
Anda bisa juga membaca saat Anda pergi atau pulang ke atau dari Mesjid…..jadikan mendengarkan ayat-ayat Al-Quran di setiap kesempatan menjadi kebiasaan Anda yang baru…..Rasakan… Anda akan menikmati alunanya….menjadi pengganti lagu/musik apapun …..mudah-mudahan menjadi ibadah disetiap detik dan menit Anda…Amiiiin

1 Komentar untuk "Menghafal Al-Quran jadi mudah dan menyenangkan dengan metode Ritme Otak"

alhamdullillah sangat bermanfaat,salam silaturahhmi.rahardi

Back To Top