CURHAT Menebar Manfaat

Yuk Kita Belajar Memahami Isi Al-Quran (1)


Tahukah kamu wahai saudaraku, untuk Apa sich Tujuan Manusia Diciptakan?

Manusia diciptakan Alloh SWT. tentunya bukan tanpa tujuan, tetapi sungguh memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk beribadah/ menyembah Alloh SWT. Sebagaimana yang difirmankan Alloh dalam QS.51:56 yang artinya:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

Sejak kecil kita sudah mengetahui bahwa macam-macam ibadah itu terangkum dalam Rukun Islam, yaitu: Membaca Syahadat, Mendirikan Sholat, Melaksanakan Shaum, Menunaikan zakat dan Ibadah Haji. Sekurang-kurangnya kita telah melaksanakan tiga rukun Islam tersebut, seperti; Syahadat, sholat dan Shaum.... . Dan kita kemudian melaksanakan zakat dan ibadah haji jika kita mampu.

Tetapi coba kita renungkan surat Al-Mauun, QS 107 : 1- 7, sbb:

”Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Itulah orang yang menghardik anak yatim,

dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat,

(yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,

orang-orang yang berbuat ria.

dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”

Orang-orang yang mengaku beragama Islam, yang telah melakukan rukun Islam tetapi Alloh menyebut mereka sebagai pendusta agama, bahkan mereka yang melakukan sholat pun akan celaka!

Coba renungkan sekali lagi surat di atas, bahwa ternyata kita tidak hanya diperintahkan untuk melaksanakan rukun Islam saja. Tetapi ada hal-hal lain yang harus dilaksanakan oleh seorang Muslim....

Kalau begitu, apa saja yang Alloh SWT. perintahkan kepada seorang Muslim?. Jawabannya adalah bahwa semua perintah Alloh SWT. itu ada dalam Al-Quran, karena Al-Quran itu adalah sebagai pedoman bagi Manusia, sebagaimana firman Alloh dalam QS.45:20, yang artinya :

”Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.”

Oleh karenanya, agar kita bisa mengetahui saja yang Alloh SWT. perintahkan kepada seorang muslim yang ada dalam Al-Quran maka kita harus membacanya. Perintah membaca Al-Quran itu pun ada dalam Al-Quran, sebagai mana perintah sholat. Yuk kita simak QS.29:45, yang artinya sbb:

”Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sekarang jelaslah bahwa kita tidak hanya diwajibkan sholat, tetapi juga membaca Al-Quran. Kalau kita sudah rajin melakukan sholat 5 waktu dalam sehari semalam, maka berapa seringkah kita membaca Al-Quran?.......

Makanya bagaimana kita bisa mengetahui apa saja yang Alloh perintahkan kepada kita, lebih jauh lagi kita melakukan apa yang ada dalam Al-Quran, kalo sendiri jarang membacanya?

Yuk....... mumpung bulan ini bulan Ramadhan, bulannya diturunkan-Nya Al-Quran, mari kita jadikan momentum untuk lebih sering membaca Al-Quran.! ....

Kemudian, jika kita andaikan seorang muslim itu sebagai seorang pedagang, tentunya.... pedagang itu tidak akan menghendaki kerugian dalam perdagangannya bukan?..... Dan tahukah wahai saudaraku.... perdagangan apa yang tidak bakal rugi?..... ngapain aja sih seorang muslim biar enggak rugi dalam hidupnya?..Mau tau?.... makanya yuk... renungkan QS 35:29 yang artinya sbb:

”Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”

Jadi jika kita tidak mau rugi kita harus :

1. Selalu membaca Al-Quran

2. Selalu membaca mendirikan Sholat

3. Selalu bersedekah

Selalu....... artinya setiap hari.....bukan sekali-sekali......makanya yuk kita sempatkan untuk selalu baca Al-Quran! jika kita ingin beruntung !....

Alhamdulillah..Ya...Alloh sedikit demi sedikit isi Al-Quran itu bisa kita ketahui isi kandungan-nya dengan mencoba membaca dan memahaminya.. ......

Tag : Catatan, Curhat
0 Komentar untuk "Yuk Kita Belajar Memahami Isi Al-Quran (1)"
Back To Top