Senin, 29 Agustus 2011

Yuk Kita Belajar Memahami Isi Al-Quran (1)


Tahukah kamu wahai saudaraku, untuk Apa sich Tujuan Manusia Diciptakan?

Manusia diciptakan Alloh SWT. tentunya bukan tanpa tujuan, tetapi sungguh memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk beribadah/ menyembah Alloh SWT. Sebagaimana yang difirmankan Alloh dalam QS.51:56 yang artinya:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

Sejak kecil kita sudah mengetahui bahwa macam-macam ibadah itu terangkum dalam Rukun Islam, yaitu: Membaca Syahadat, Mendirikan Sholat, Melaksanakan Shaum, Menunaikan zakat dan Ibadah Haji. Sekurang-kurangnya kita telah melaksanakan tiga rukun Islam tersebut, seperti; Syahadat, sholat dan Shaum.... . Dan kita kemudian melaksanakan zakat dan ibadah haji jika kita mampu.

Tetapi coba kita renungkan surat Al-Mauun, QS 107 : 1- 7, sbb:

”Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Itulah orang yang menghardik anak yatim,

dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat,

(yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,

orang-orang yang berbuat ria.

dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”

Orang-orang yang mengaku beragama Islam, yang telah melakukan rukun Islam tetapi Alloh menyebut mereka sebagai pendusta agama, bahkan mereka yang melakukan sholat pun akan celaka!

Coba renungkan sekali lagi surat di atas, bahwa ternyata kita tidak hanya diperintahkan untuk melaksanakan rukun Islam saja. Tetapi ada hal-hal lain yang harus dilaksanakan oleh seorang Muslim....

Kalau begitu, apa saja yang Alloh SWT. perintahkan kepada seorang Muslim?. Jawabannya adalah bahwa semua perintah Alloh SWT. itu ada dalam Al-Quran, karena Al-Quran itu adalah sebagai pedoman bagi Manusia, sebagaimana firman Alloh dalam QS.45:20, yang artinya :

”Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.”

Oleh karenanya, agar kita bisa mengetahui saja yang Alloh SWT. perintahkan kepada seorang muslim yang ada dalam Al-Quran maka kita harus membacanya. Perintah membaca Al-Quran itu pun ada dalam Al-Quran, sebagai mana perintah sholat. Yuk kita simak QS.29:45, yang artinya sbb:

”Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sekarang jelaslah bahwa kita tidak hanya diwajibkan sholat, tetapi juga membaca Al-Quran. Kalau kita sudah rajin melakukan sholat 5 waktu dalam sehari semalam, maka berapa seringkah kita membaca Al-Quran?.......

Makanya bagaimana kita bisa mengetahui apa saja yang Alloh perintahkan kepada kita, lebih jauh lagi kita melakukan apa yang ada dalam Al-Quran, kalo sendiri jarang membacanya?

Yuk....... mumpung bulan ini bulan Ramadhan, bulannya diturunkan-Nya Al-Quran, mari kita jadikan momentum untuk lebih sering membaca Al-Quran.! ....

Kemudian, jika kita andaikan seorang muslim itu sebagai seorang pedagang, tentunya.... pedagang itu tidak akan menghendaki kerugian dalam perdagangannya bukan?..... Dan tahukah wahai saudaraku.... perdagangan apa yang tidak bakal rugi?..... ngapain aja sih seorang muslim biar enggak rugi dalam hidupnya?..Mau tau?.... makanya yuk... renungkan QS 35:29 yang artinya sbb:

”Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”

Jadi jika kita tidak mau rugi kita harus :

1. Selalu membaca Al-Quran

2. Selalu membaca mendirikan Sholat

3. Selalu bersedekah

Selalu....... artinya setiap hari.....bukan sekali-sekali......makanya yuk kita sempatkan untuk selalu baca Al-Quran! jika kita ingin beruntung !....

Alhamdulillah..Ya...Alloh sedikit demi sedikit isi Al-Quran itu bisa kita ketahui isi kandungan-nya dengan mencoba membaca dan memahaminya.. ......

Minggu, 28 Agustus 2011

Jangan Pernah Lupa

.

Alhamdulillahi-Rabbil 'Alamiin
Segala puji kita panjatkan kepada Alloh SWT. Sang Penguasa Alam Semesta. dan Sholawat serta salaam semoga Alloh tetap curah-limpahkan kepada jungjungan kita nabiyulloh Muhammad SAW, beserta keluaragnya, sahababat, tabiin, tabii-ttabiin, sampai kepada ummat akhir zaman dan kita termasuk didalamnya.

Pagi ini, setelah sholat subuh kalo kita pikir sih enaknya memang buat tidur lagi apalagi udah makan sahur. Tapi setelah aku tahu bahwa waktu pagi adalah waktu yang diberkahi Alloh SWT, aku memaksakan untuk tidak tidur lagi. Rosululloh SAW pernah ber do'a yang bunyinya sbb :“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi”. Jadi.... aku cari-cari kesibukan deh....buka internet dan menyaksikan film karya Harun Yahya yang judulnya JANGAN PERNAH LUPA. Biasanya kita yang kita tidak boleh lupa itu ......banyaknya urusan duniawi saja ..... seperti bayar rekening listrik, telepon, PDAM, dan tagihan internet, bayar SPP sekolah anak kita, bayar arisan, cicilan...dan..banyak lagi kewajiban yang lainnya. Tetapi ternyata Harun Yahya mengingatkan kita bahwa sesungguhnya ada beberapa hal yang jauh lebih penting dan jangan pernah kita lupakan....Apa itu?... sebaiknya Anda menyimak sendiri..film berikut ini :







Mudah-mudahan kita ditakdirkan Alloh sebagai orang yang selalu ingat kepada Alloh SWT. Amiin.

Sabtu, 06 Agustus 2011

Madu Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi karena Panas Dalam/ Gusi Bengkak

Aku ingin memulai tulisan ini dengan terlebih dahulu memuji Tuhanku, Alloh SWT yang Segala Puji bagiNya yang Maha Agung dan Maha Benar atas segala yang difirmankanNya. Sholawat dan salaam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga beliau, shahabat-shahabat , tabiin, tabiit-tabiin dan hingga kepada kita dan ummat beliau sampai hari kiamat…… amiin.
Sungguh Alloh yang Maha Pencipta, Yang Maha Mengetahui, Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada setiap MakhlukNya tak terkecuali kepada aku. Alloh SWT. tak henti-hentinya memberikan kasih sayangNya kepadaku bahkan di waktu aku sakit. Dialah yang memberiku pelajaran berharga padaku bahwa FirmanNya itu benar. Dialah Alloh SWT yang memberi aku kesembuah setelah aku sakit sebagaimana firman Alloh dalam Al-Quran, QS.26:80 yang artinya, “dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembvuhkan aku”

Pembaca yang budiman, terima kasih Anda sudah mau meluangkan waktu Anda untuk membaca ceritaku. Begini ceritanya :
Dua hari menjelang bulan Ramadhan aku merasa badanku sedikit tidak nyaman, terlebih pada sekitar mulut aku. Bibir terasa kering dan tadinya aku menganggap karena sekarang lagi musim kemarau saja..tetapi ternyata aku sedang panas dalam. Sehari kemudian gigiku terasa sakit. Aku termasuk orang yang rajin sikat gigi lho, setiap mau sholat aku menyempatkan untuk sikat gigi dahulu (kemudian berwudlu). Kenyataannya aku bisa juga sakit gigi ya..... Setelah aku perhatikan….ternyata... sakit gigiku karena gusinya bengkak. Innalillahi… gigiku tak bisa aku gunakan buat mengunyah makanan. Bila aku paksakan mengunyah pasti langsung sakit.

Sebenarnya aku malu sama diriku sendiri, aku sering menolong teman-temanku yang sakit gigi. Aku tahu titik-titik pemijatan untuk sembuhkan sakit gigi (Klik di sini). Tetapi ketika aku sakit gigi kali ini tidak mampu disembuhkan dengan pemijatan. Pembaca, ternyata pemijatan hanya bisa menghilangkan rasa sakit cenat-cenutnya (kata orang sunda , ”nyayautan”). Efek pemijatan hanya melancarkan peredaran darah di gusi tetapi tidak menyembuhkan gusi bengkak. Meskipun rasa cenat-cenut atau “nyanyautan” sudah hilang dengan pemijatan tetapi tetap gigiku tidak bisa mengunyah makanan.

Kini sudah masuk bulan Ramadhan…aku enggak enakdengan keadaan ini…bukan aku tidak merasa senang dengan datangnya Ramadhan…yaa Alloh….tetapi…saat aku sahur dan berbuka aku hanya bisa menelan makanan…tanpa aku kunyah dulu….aku jadi tidak punya selera untuk makan. Hal ini terjadi sampai hari ketiga Ramadhan….

Istriku menyarankan aku untuk minum obat pereda sakit. Seperti biasa dengan keyakinan aku…aku katakan bahwa obat kimia bukan obat yang baik….Dalam perasaan pasrah, aku malam itu… sebelum tidur …. mengambil satu sendok madu dan mencampurkannya dengan segelas air….kemudian aku berkumur dengan air itu sambil aku minum…..bismillah…hanya Alloh yang menyembukan…

Pembaca yang budiman…. Ketika aku bangun untuk makan sahur…betapa terkejutnya aku bercampur dengan rasa senang …….aku bisa makan sahur dengan enak tanpa sakit gigi lagi….. Subhanallooh…rupanya Alloh mau memberi pelajaran baru tentang khasiat madu lewat sakit aku….
Setelah aku mencari tahu tentang madu , ternyata madu adalah antibiotic yang hebat….diantaranya bisa menyembuhkan luka….bahkan madu adalah obat bagi berbagai penyakit yang menyerang system pencernaan. Subhanalloh…Alloh telah membuktikan kebenaran tentang khasiat madu dalam al-quran, QS 16:69 yang artinya, “Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. “

Pembaca yang budiman, mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari ceritaku di atas…sehingga..bertambah terus keyakinan kita Kepada Alloh SWT. Amiin.