CURHAT Menebar Manfaat

Ceramah Lima Menit: Ramadhan sebagain bulan Pemrograman Ulang Pikiran

 Pada Ramadhan kali ini aku kebagian mengisi ceramah tarawih di mesjdi dekat rumahku...karena kali ini banyak anak-anak sekolah yang sering ditugasi gurunya untuk mencatat maka aku memberi tema populer yaitu: ramadhan sebagai bulan Pemrograman Ulang Pikiran


Assalaamu’alaikum wr. Wb. 

Bapak2/Ibu2, saudara2 adik-adik yang sama-sama mengharap ridha Alloh SWT. ….Alhamdulillah hirabbil ‘alamiin kita telah melakukan ibadah saum selama empat hari…mudah-mudahan Alloh SWT menerima ibadah shaum kita dan bisa menjadi bekal kita pada hari perhitungan amal kelak.. Amiin. 

Kita telah mendengar beberapa orang penceramah memberikan tausyiah kepada kita….mengingatkan kita agar kita bisa menjaga shaum kita memberi nilai ketaqwaan…karena tidak sedikit orang yang menjalankan shaum bukan atas dasar iman dan mengharapkan ridho Alloh SWT…tetapi orang itu menganggap bahwa bulan Romadhon adalah bulan pencucian dosa sehingga dosa-dosanya habis/ hilang dan kemudian pada bulan berikutnya orang itu mengotorinya lagi denganj melakukan dosanya kembali…naudzubillahi-min-dzalik. 

Sekarang marilah kita membuat analogi yang lain…..Yaitu kita manusia kalau diibaratkan sebagai computer maka dalam diri manusia itu ada yang namanya hardware/ perangkat keras dan perangkat lunak/ software..Perangkat keras pada diri manusia itu adalah tubuh kita ini dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sedangkan perangkat lunak/softwarenya adalah nilai-nilai /fitrah yang baik yang terprogram pada pikiran bawah sadar manusia..

Seperti kita ketahui bahwa komputer bisa jalan dengan baik karena didukung system operasi/ program komputer yang baik…tetapi disamping itu ternyata ada program-program yang merusak yang kita sebut sebagai virus…Nah pada diri manusia/muslimin khususnya selama sebelas bulan tidak sedikit masuk virus-virus yang merusak nilai-nilai ketaqwaan…yang bisa ditandainya dengan munculnya akhlaq-akhlaq buruk…seperti malas, egois, rakus, angkuh, marah dll yang tidak jarang …menjadikan merusak perangkat keras…seperti penyakit…. 

Nah pada bulan Romadon inilah saat super computer yang namanya manusia dengan Shaum Romadhon dan aktifitas lainnya ….melakukan scanning untuk mendeteksi keberadaan virus-virus….untuk kemudian dilakukan deleting/ penghapusan….. Tidak berhenti sampai disitu….tetapi kemudian melakukan program ulang/reprogramming untuk memproteksi datangnya virus-virus dengan program-program yang baik yaitu nilai-nilai ketaqwaan seperti kesabaran, kedermawanan, keberanian, dll. Sehingga akhirnya super computer ini berubah kembali menjadi super gesit. 

Bapak/Ibu, saudara-saudara dan adik-adik yang sama-sama mengharap ridho Alloh SWT…..berbicara mengenai melakukan perubahan pada diri manusia dari yang buruk menjadi baik….ada kaitannya dengan program computer atau nilai fitrah manusia tadi, yaitu…..manusia itu selalu mencari kesenangan dan menjauhi penderitaan…setuju/tidak  ibu?....setuju/tidak  Bapak?..... sehingga bisa dipastikan semua perilaku manusia itu dilakukan atas dasar nilai fitrah itu….. Orang melakukan dosa juga biasanya mencari kesenangan dan menjauhi penderitaan. ….. saya ambil contoh…. Orang yang berbohong itu mencari kesenangan (ingin tetap dianggap baik)…..dan menjauhi penderitaan (takut dimarahi)…. atau membuang waktu /ngabuburit itu menyenangkan (tidak terasa ..tau-tau maghrib) tetapi ibadah itu malas karena capek, dll. 

Nah pada bulan Romadhoin ini saatnya pemrograman ulang dengan cara memaknai ulang tentang perbuatan perbuatan buruk atau dosa….. 

Contoh : Berbohong itu menyenangkan tapi hanya sesaat….karena begitu ketahuan orang lain akan tidak percaya lagi ....Dan yang paling dahsyat dari memaknai ulang suatu perbuatan dosa adalah….menanamkan program pada diri kita ..yaitu perasaan kita selalu diawasi oleh Alloh SWT. Kemudian munculkan perasaan takut oleh Alloh SWT kalau melakukan perbuatan dosa….dan sungguh menyenangkan karena Alloh mencintai orang yang berbuat baik dan menghindari dosa.

 Sebagai penutup saya ingi bertanya dari manakah kita mendapatkan program/nasihat yang baik itu?.... Jawabannya adalah Al-Quran dan Sunnah. 

Pada kesempatan kali ini mari kita JADIKAN ROMADHON INI MENJADI SAAT PEMROGRAMAN ULANG…DENGAN TADABBUR AL-QURAN DAN THOLABUL ILMI.

Mudah-mudahan Alloh SWT. menjadikan kita orang-orang muttaqin..Amiin YRA.

Tag : Catatan, Curhat
0 Komentar untuk "Ceramah Lima Menit: Ramadhan sebagain bulan Pemrograman Ulang Pikiran"
Back To Top