CURHAT Menebar Manfaat

Persahabatan



Minggu ini adalah minggu yang membuat kebahagiaan aku menjadi lebih lengkap. Alloh SWT benar-benar terus menerus memberi aku kejutan yang membahagiakan. Betapa tidak aku bisa menduga bahwa persahabatan waktu aku kecil bisa nyambung kembali setelah 33 tahun terputus. Persahabatan yang aku jalani dulu seperti layaknya cerita film ”Laskar Pelangi”.

Aku jadi teringat beberapa teman ku seperti, Toni, Iwan, Iim, Utang, dan Epin. Mereka adalah sosok-sosok cilik yang mengisi program pikiranku tentang arti persahabatan sejati. Aku menjalaninya dengan sangat menyenangkan dan membahagiakan. Betul, aku rasakan persahabatan yang tulus. Aku merasakan persahabatan yang didasari oleh ”semangat persamaan”. Aku tidak bisa membuat istilah yang bisa menggambarkan semuanya selain ”semangat persamaan” itu. Dengan semangat itu aku bisa menjalani kebersamaan yang sesungguhnya dengan mereka, saling memotivasi dan memberi dukungan. Memang aku tidak menyadarinya sewaktu aku menjalaninya dulu, tapi aku rasakan itu ada sampai sekarang.

Klimaks cerita aku rasakan saat regu Pramuka-ku menjadi juara I di SD Pengadilan Tasikmalaya pada tahun 1976, dan kemudian menyusul jadi juara II di LT tingkat Kecamatan. Waktu itu, Toni adalah komandan regu, Iwan sebagai wakilnya, dan aku salah seorang anggota regunya. Aku tidak tertarik untuk membicarakan bahwa reguku lebih unggul dari yang lain. Aku lebih tertarik pada proses. Aku menikmati proses saat pembagian tugas yang adil dalam kelompok kami dalam usaha mencapai tujuan bersama. Kami bisa mencapai yang kami mau dengan perasaan riang.

Pengalaman ini memang tidak sesempurna cerita film ”Laskar Pelangi”, tetapi semangat ini mudah-mudahan bisa diwariskan kepada anak-anak kita, persahabatan yang menyenangkan dan membahagiakan.
Tag : Curhat
0 Komentar untuk "Persahabatan"
Back To Top